RSS

Obrolan sore cost recovery di warung kopi (2)

01 Feb

Unyil      : oi sro, enak banget jam segini udah nongkrong di warung aja, jumatan ga kamu?

Usro      : Jumatan donk nyil, gini2 mantan anak pesantren nih

Unyil      : mantap dah, makan siang sekalian deh aku

Usro      : eh terusin yok diskusi tadi pagi, penasaran nih

Unyil      : ayok dah, mumpung lagi sante nih. sampe mana ya kita tadi pagi?

Usro      : bahasan sih sampe kalo mark up cosrec itu ga bakal menguntungkan dua pihak yang berkontrak, cuma nguntungin oknum doank

Unyil      : oh ya bener, sekarang apa lagi yang mau kita bahas?

usro       : nah dari tadi aku mikir-mikir nih sambil nerawang, kl emang gitu brarti cosrec itu rawan untuk dicurangin ya. kl rawan dicurangin gitu, gimana kl kontraknya kita ubah aja, jangan pake model PSC lagi yang cosrec – cosrec an gitu deh, kita pake model kontrak lain aja deh yang ga ada cosrec nya

unyil      : nah bagus juga tuh idemu, selain model PSC emang sebenernya ada model-model kontrak lain sro. yang paling populer sih ada 2, model royalti sama model service contract. kita ga akan terlalu masuk ke tiap-tiap detil kontrak ini karena bakal panjang banget bahasannya, tapi intinya kalo di model royalti kita ga bakal nemuin istilah equity to be split (ETS), semua profit oil akan masuk ke perusahaan migas, KKKS cuma berkewajiban ngasih royalti dan pajak penghasilan ke pemerintah, maka itu sistem royalti ini sering disebut model R/T (Royalty/Tax). sampe sini ngerti sro?

Usro      : sip paham. terus kl service contract?

Unyil      : ini lebih simpel dari R/T tadi, jadi si kontraktor cuma berstatus sebagai penyedia jasa aja, misal HC (Host Country) punya ladang di satu daerah, karena kesibukan dll akhirnya si HC ini ga bisa mengelola ladangnya sendiri, akhirnya mereka suruh lah perusahaan migas untuk ngelola ladang minyak mereka, nanti perusahaan migas itu akan dapet fee untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

Usro      : Wah kl gt kayanya enakan pake model R/T ya

Unyil      : plus minus sro, pada dasarnya semua model contract itu oke, cuma gimana aplikasi dan pengembangannya. Coba kita bandingin ya untuk yang R/T model sama PSC model gimana kl dari sudut pandang KKKS. Berhubung udah siang nih, kita agak sedikit itung-itungan ya. ada kertas ga, aku mau gambarin nih grafiknya

Usro      : nih pake aja bekas bungkus gorengan haha

Unyil      : hadeuh, ya udah deh gpp. kita simpelkan aja ya gambarnya, gini:

Untitled

Unyil      : Ok itu gambaran simpelnya sro, untuk angka- persentasenya ga usah terlalu dipikirin, bisa berbeda di tiap simulasinya. di simulasi ini kita misalin si kontraktor deal kontrak R/T sama pemerintah 30% : 70% (30% untuk KKKS, 70% untuk pemerintah). disitu bisa kita liat IRR antara PSC yang kita terapin sekarang sama…..

Usro      : Bentar-bentar, IRR itu sendiri apaan sih?

Unyil      :Internal Rate of Return, gampangnya indikator kelayakan dari satu investasi, makin besar IRR maka makin favourable investasi itu. kl detilnya nanti kamu cari sendiri aja di buku-buku pas jaman kita kuliah banyak tuh penjelasannya.

Lanjut ya, kita bisa liat garis IRR untuk R/T model lebih curam dibandingin sama PSC model. Ada garis putus-putus B, nah disitu adalah titik perpotongan dimana IRR PSC model sama dengan IRR R/T model, jadi pada titik ini tingkat return kedua jenis kontrak akan sama. pada daerah III IRR R/T model akan semakin tinggi kalo dibandingin sama IRR PSC, nah disini adalah daerah favourable buat si kontraktor. kl tingkat IRR ada di daerah ini maka kontrak R/T akan lebih menguntungkan bagi Kontraktor dibandingkan kontrak PSC. sebaliknya, di daerah I dan II adalah daerah favourable buat HC, karena di daerah ini IRR yang diterima oleh kontraktor lebih kecil dari IRR yang diterima ketika menggunakan model PSC. sampe sini paham sro?

Usro      : paham nyil, tp agak mulai ngliyer-ngliyer ini liatnya

Unyil      : haha katanya praktisi perminyakan, harus tahan donk. ok lanjut ya, pada garis putus2 A, itu dimana tingkat IRR adalah di angka 10%, pada tingkat ini 100% kontraktor akan mundur dari proses eksploitasi, kenapa? karena return yang mereka dapet ga sepadan dengan resiko yang mereka tanggung. mereka ga akan mau cape-cape ngeluarin tenaga buat exploit sumur ini. Jadi daerah real untuk keadaan di lapangan sebenernya ada pada daerah II dan III aja. II itu favourable buat HC, kl III itu favourable buat kontraktor.

usro       : trus faktor-faktor yang bisa ngebuat IRR itu ada di daerah II or III apaan nyil? bisa ga kontraktor mempengaruhi IRR mereka ada dimana?

Unyil      : pada dasarnya ada 3 variable utama yg nentuin besar IRR satu investasi minyak, yaitu harga minyak (prices), cost of oil, sama seberapa besar reserves yang ada disitu. tapi lagi-lagi, 3 faktor itu bersifat forecast n ga pasti, jadi pada akhirnya, investment decision adalah masalah insting si kontraktor. makin tajem instingnya makin besar potensi keuntungannya.

usro       : kl deal R/T nya bukan di 30% : 70%, misal di 40% : 60%. gimana tuh?

Unyil      : wah itu lebih gawat lagi buat HC bos, bisa-bisa ga ada titik potong antara IRR PSC sama IRR R/T, alias mau berapapun nilai 3 variabel utama tadi (prices, cost, reserves) maka return R/T akan selalu lebih besar dari return di PSC model. mau digambarin tapi kertas gorengannya udah abis nih

Usro      : hahaha. jadi kesimpulannya, bagusan mana donk antara model R/T sama model PSC?

Unyil      : sama-sama bagus, pada akhirnya yang membedakan nanti ya tingkat persentase dari masing-masing kontrak itu, bisa aja royalty jadi lebih bagus buat HC kl persentase royaltynya tinggi. model R/T ini juga lebih ke arah extreme contract, jadi kalo keadaan 3 variabel utama lagi bagus, kontraktor akan panen keuntungan besar-besaran (windfall profit), tapi kalo keadaan 3 variabel utama lagi jelek, ya udah hancur lah udah return dari si kontraktor. sedangkan di sisi lain model PSC cenderung lebih stabil (maka itu garis pada kurvanya lebih landai), ketika variabel utama kondusif si kontraktor ga akan terlalu menikmati windfall profit, tapi kalo variabel utama lagi ga kondusif si kontraktor ga akan jatuh-jatuh banget, PSC juga bisa lebih bagus kl persentase ETS nya bagus. beberapa PSC disusun dengan menerapkan adanya cost recovery limit. nah adanya CRL ini bisa bikin government take lebih bagus lagi.

Usro      : kalo untuk kontraktor mana yang lebih ok?

Unyil      : kemungkinan besar mereka lebih suka pake model Royalty, karena campur tangan HC cenderung sedikit dan ya itu, mereka akan sangat menikmati kalo ada windfall profit. kl pas rugi sampe IRR dibawah 10%, ya udah tutup aja hehe

Usro      : wah ya kasian pegawainya donk kalo bentar-bentar tutup. kalo pake R/T harusnya cost perusahaan akan lebih efisien ya, kan mereka bakal berjuang untuk hemat supaya untung perusahaan makin gede

Unyil      : masuk akal, tapi yang perlu diinget juga, faktor-faktor utama yang bikin cosrec itu gede sebenernya cenderung karena capital cost, yang kalo dihemat besar-besaran justru beresiko menurunkan tingkat produksi saat ini maupun di masa depan. Kalo operational cost kaya gaji karyawan, biaya perjamuan dll itu biasanya ga gede-gede banget nilainya, paling sekitar 2-3 persen dari total cost recovery. Tapi ga tau kenapa selama ini yang diubek-ubek sama politikus ya cuma seputar biaya ecek-ecek itu hehe.

udah ah sro, udah mau sholat ashar nih ntar kapan-kapan deh kita ngobrol lagi.

Usro      : yaah.. ya udah deh, aku juga udah pusing  dari tadi ngerut terus ni dahi. eh weekend mau ngapain rencananya?

Unyil      : oh jelas donk kita sepedaan sro, besok sabtu rencana mau gowes ke bogor, doain ya siapa tau disana nemu ladang minyak haha

 
4 Comments

Posted by on February 1, 2013 in learn something

 

Tags: , ,

4 responses to “Obrolan sore cost recovery di warung kopi (2)

  1. tama roseta

    February 1, 2013 at 9:11 am

    beratttt…beratttt… aku ikut sruputan kopi bae wis.. 😀

     
    • DF

      February 1, 2013 at 9:38 am

      wis ayo sruputan bareng neng bogor po sesuk sabtu? 😀

       
  2. inirini

    February 1, 2013 at 5:14 pm

    Aku orang PSC mas.. beraaat ikiii.. sinau sik yooo.. ke bekasi aja deh.. udah jelas ada.. hehehe

     
    • DF

      February 12, 2013 at 8:34 am

      wah ga mungkin ga ngerti, mesti merendah ini calon tax manager 😀

       

Leave a comment

 
TraderPath

Seize the Day, Put Very Little Trust in Tomorrow

Anthusiasm..

is my mid name!

Blog penggemar sepeda Polygon

Maverick_Astroz_Xtrada 4_Sierral Lite_Sierra AX_Premier 5

In My Mind

My Simple Thoughts

Notes from an Indonesian Policy Wonk

Notes and Analysis on Indonesian Current Affairs and Policies

Eugenia

Breathe, The Universe is full of surprises.

In my eyes ...

Just other taxation perception

Tiga Landasan Utama

Mengenal Allah, Mengenal Rasul dan Mengenal Agama Islam.

Dwiindahlestari's Blog

hey you! welcome :)

Inirhinie

Simplicity..